Sunday, May 26, 2013

Beli Mobil Tanpa Duit

“Beli mobil tanpa uang!”
“Ah nggak mungkin tuh, memangnya harus bayar pakai apa?”
“Harganyakan mahal!”
“bagaimana caranya?”

Kata-kata diatas sudah sangat sering didengar dan memang tidak masuk akal, namun dengan menggunakan cara otak kanan hal ini bisa terjadi.
Cerita ini saya dapatkan saat mertua saya menjual mobilnya dan dibeli oleh seorang pengusaha rental mobil.
Begini caranya (harus diingat, ini untuk usaha/bisnis):
  1. Pengusaha rental mobil tersebut mencari mobil bekas yang masih bagus atau masih mendekati baru (paling lama 2thn masa pakai), kemudian mobil tersebut dibeli secara kredit, menggunakan jasa perusahan pemberi kredit mobil baru atau bekas yang sekarang banyak bertebaran.
  2. Nah pembayaran cicilan kredit mobil tersebut didapatkan dari hasil penyewaan, berarti yang bayar cicilan adalah penyewa.
  3. Setelah mobil itu lunas (ambil masa kredit terpendek yang memungkinkan), mobil tersebut dijual kembali!!
  4. Nah disinilah kuncinya! Hasil penjualan mobil yang tersebut kemudian digunakan untuk membeli 2 buah mobil bekas yang masih bagus atau mendekati baru. Uang hasil penjualan displit 2, untuk membeli 2 mobil bekas lagi. Kita sebut saja Mobil 1 dan Mobil 2
  5. Mobil 1 diberikan DP yang cukup besar agar cicilannya kecil dan cepat lunas. Sedangkan Mobil 2 dengan DP yang lebih kecil.
  6. Kemudian setelah Mobil 1 lunas lebih dahulu, mobil tersebut dijual lagi dan langkah 1 – 5 diulang dari hasil penjualan Mobil 1. Kemudian Mobil 2 lunas, dan langkah 1 – 5 diulang lagi dari hasil penjualan Mobil 2. Begitu seterusnya sampai mobil anda menjadi banyak.
Kayak usaha MLM ya… :-)
Terbuktikan kata “Beli mobil tanpa uang!”, maksudnya bukan uang sendiri tapi uang orang lain. Namun dalam membeli mobil tersebut sebaiknya anda sudah memiliki pelanggan/ penyewa yang sudah mengenal usaha anda, agar pembayaran cicilan lancar. Jika tidak, anda harus bekerja keras untuk memasarkan/ memperkenalkan usaha anda ini. Dan harus kredit, karena kredit mobil sekarang harus juga dengan asuransi. Jadi jika mobil tersebut rusak (tergores, tersenggol, dll) atau bahkan sampai hilang akan ditutupi oleh asuransi.
Saat ini banyak perusahaan, bank baik swasta maupun bank plat merah yang mencari mobil yang disewakan. Dengan menggunakan mobil sewa, perusahaan tersebut tidak direpotkan perawatan, pajak mobil dimana sekarang sifatnya progressive (kalau tidak salah istilahnya) dimana pajak mobil kedua dst akan semakin mahal. Jadi tugas pemilik mobil adalah pasang mata, telinga, dan hidung untuk mendapatkan informasi penyewa mobil yang potensial…
Demikian cerita beli mobil tanpa uang sendiri, tapi menggunakan uang orang lain. Semoga dapat menjadi inspirasi bisnis…
Saya sendiri belum mempraktekkan cara ini… jadi saya belum tahu bagaimana suka dukanya usaha penyewaan mobil atau Rental Mobil dan membeli mobil tanpa uang tersebut.

No comments:

Post a Comment