(Vibiznews – Property) - Kita
pastinya mengenal produk bangunan gedung yang difungsikan sebagai
perkantoran atau biasa disebut gedung perkantoran. Jika kita melihat
lebih dalam pengertian dari gedung perkantoran, dapat didefinisikan ;
Sebuah tempat yang dapat digunakan untuk kegiatan bisnis atau pekerjaan,
yang terpisah dari tempat tinggal, komersil atau pertokoan, industri
dan rekreasi. Untuk lebih mengenal mengenai produk perkantoran maka
dalam tulisan ini akan diulas beberapa hal mengenai bangunan gedung
perkantoran.
Tipe Bangunan
Tipe bangunan suatu gedung perkantoran ada beberapa macam yaitu ; High
rise building (bangunan dengan lantai lebih dari 20 lantai), Middle rise
building (bangunan 4 lantai sampai dengan 20 lantai), Low rise building
(bangunan 1 lantai sampai dengan 3 lantai), Garden office/office park
(bangunan 1 sampai 5 lantai dengan lansekap yang ekstensif). Tipe
bangunan gedung perkantoran lebih pada jumlah lantai yang ada atau
terbangun.
Kepemilikan
Gedung perkantoran berdasar kepemilikannya terbagi menjadi 2 macam yaitu
; gedung perkantoran sewa dan gedung perkantoran Strata Title (milik).
Pada tipe gedung perkantoran sewa, yang disewakan adalah besaran atau
luasan tertentu dari gedung perkantoran tersebut. Penyewaan dilakukan
sesuai dengan jangka waktu yang disepakati bersama. Biaya yang harus
dikeluarkan bagi si penyewa adalah biaya sewa dan service charge kepada
pengelola yang biasanya dihitung berdasarkan luas ruangan yang disewa
dan dibayar perbulan.
Pada tipe gedung perkantoran Strata Title (milik). Sangat berbeda sekali
dengan tipe pemilikan sewa. Dalam hal ini ruang bangunan gedung
perkantoran dapat dimiliki seperti rumah tinggal ataupun apartemen
strata title. Namun pemiliknya harus tetap membayar service charge
perbulan sebagai biaya perawatan dan pemeliharaan gedung. Selain itu
pula saat ini ada gedung perkantoran dengan tipe kepemilikan campuran
dimana dalam gedung perkantoran tersebut ada yang ruang (space) yang
disewakan dan ada juga yang menjadi pemilikan perseorangan ataupun
perusahaan. Namun yang lebih dominan pada saat ini adalah gedung
perkantoran yang ruang (space) nya disewakan.
Kelas
Dilihat berdasarkan kelasnya gedung perkantoran dibedakan menjadi
beberapa kelas, antara lain ; Kelas Premium (dengan luas gedung minimal
20.000 m2 serta terletak di Central Business District), Kelas A (Luas
minimum gedung 6.000 m2 serta terletak di daerah pusat bisnis, Kelas B
(dengan luas berapa saja dan terletak dilokasai mana saja namun memiliki
kualitas material yang baik dan cukup modern). Dilihat dari segi kelas
ternyata yang lebih diperhatikan adalah dalam hal luas gedung
perkantoran, lokasi, fasilitas serta kualitas material bangunan yang
digunakan.
Karakteristik Gedung Perkantoran
Dalam membangun suatu gedung perkantoran ada satu karakteristik penting
yang harus diperhatikan yaitu lokasi. Dalam suatu lokasi yang akan
didirikan sebuah gedung perkantoran ada beberapa hal yang harus
diperhatikan, yaitu :
•Dekat dengan gedung perkantoran umum
•Dilalui oleh kendaraan umum
•Merupakan pusat kegiatan finansial
•Dekat dengan gedung pemerintahan
Kunci Sukses Gedung Perkantoran
Di dalam produk properti perkantoran untuk mencapai target pasar ada
beberapa faktor yang menjadi kunci suskesnya. Dan hal tersebut harus
diperhatikan benar. Beberapa faktor tersebut, adalah :
1. Flexibilitas ruang
Dipengaruhi oleh model dan bentuk bangunan yang memberikan kemudahan
bagi penghuni untuk membentuk ruangan menurut selera dan tak membatasi
ruang geraknya.
2. Tingkat hunian
Semakin tinggi tingkat hunian maka pendapatan dan keuntungan semakin
besar selain itu tingkat hunian yang tinggi juga meningkatkan image pada
sebuah gedung perkantoran.
3. Harga sewa
Harus sesuai dengan keadaan pasar permintaan, dapat bersaing dan tak
berada di bawah harga pasar yang ada. biasanya untuk harga sewa di
hitung per-meter persegi.
4. Service charge
Penentuan service charges yang murah belum tentu efektif bagi penghuni
ruang kantor, karena penghuni ruang kantor mengharapkan tingkat
pelayanan yang memuaskan. Biasanya biaya jasa ini sangat ditentukan oleh
besarnya biaya operasional di gedung perkantoran itu. Dan hitung
permeter persegi.
5. Citra/image
Sebuah perkantoran yang telah memiliki nama besar di masyarakat baik
dalam bentuk bentuk fisik, fasilitas bangunan, tingkat pelayanan, maupun
kelebihan lain yang dimiliki akan lebih mudah menarik pengunjung.
Investasi Gedung Perkantoran
Gedung perkantoran yang begitu pesat perkembangannya mengundang para
investor untuk ikut berpartisipasi didalamnya. Walaupun demikian banyak
hal yang harus pahami terhadap keuntungan maupun resiko yang dihadapi
dalam melakukan investasi pada gedung perkantoran.
Keuntungan investasi pada gedung perkantoran
1.Pengembalian keuntungan yang tinggi jika lokasinya bagus, oleh karena itu penentuan lokasi menjadi sangat diperhatikan
2.Bangunan yang memiliki lebih dari satu tenant akan menghasilkan
diversifikasi dalam satu arus kas, sehingga pemasukannya pun akan lebih
besar.
3.Penyewa utama dapat menstabilkan arus kas
4.Harga sewa yang cenderung meningkat
5.Tak sering terjadi penggantian penyewa bila dibandingkan rumah
tinggal. Karena biasanya adalah perusahaan yang menyewa dalam jangka
waktu lama.
Risiko Investasi Gedung Perkantoran
1.Memerlukan investasi yang besar
2.Biaya operasional yang tinggi
3.Biaya tanah yang tinggi
4.Harga sewa yang variatif berdasarkan negosiasi dengan penyewa
5.Biaya manajemen yang tinggi
Melihat peluang investasi di sektor properti perkantoran sepertinya
memiliki banyak keuntungan yang lebih. dilihat dari kondisi pasar
properti perkantoran saat ini, berdasarkan dari data properti, produk
perkantoran memiliki peminat yang tinggi itu terbukti dari tingkat
hunian perkantoran saat ini di Jakarta yang rata – rata mencapai 80%,
serta tingkat penyerapan produk perkantoran yang masih sangat positif
seiring iklim investasi yang kondisif. Namun sebelum terjun di investasi
ini akan lebih baik terlebih dahulu mendalami ilmu di bisnis properti
lebih lanjut guna menghindari kegagalan dalam bisnis properti.
(M. Grahandaka/MG/VBN)
pinjaman! pinjaman!! pinjaman!!!
ReplyDeleteApakah Anda mencari perusahaan pinjaman swasta terkemuka dan terakreditasi yang memberikan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan cara yang sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman usaha, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan terlihat seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada perorangan dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tarif 2%. Tidak ada nomor jaminan sosial yang dibutuhkan dan tidak diperlukan pemeriksaan kredit, 100% dijamin. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan suportif dan kami akan dengan senang hati menawarkan pinjaman kepada Anda.
Kemudian kirimkan email ke: (amandaafredoloan42@gmail.com) untuk mengajukan pinjaman.
Do you need Personal Loan?
ReplyDeleteBusiness Cash Loan?
Unsecured Loan
Fast and Simple Loan?
Quick Application Process?
Approvals within 24-72 Hours?
No Hidden Fees Loan?
Funding in less than 1 Week?
Get unsecured working capital?
Email us:urgentloan22@gmail.com
Application Form:
=================
Full Name:................
Loan Amount Needed:.
Purpose of loan:.......
Loan Duration:..
Gender:.............
Marital status:....
Location:..........
Home Address:..
City:............
Country:......
Phone:..........
Mobile / Cell:....
Occupation:......
Monthly Income:....
Email us (urgentloan22@gmail.com)