Monday, June 25, 2012

Membangun Showroom Mobil Bermodal Zero Dua kali

Membangun Showroom Mobil Bermodal Zero Dua
kali mengalami kebangkrutan membuat Olivia harus menerima kenyataan
pahit: kehilangan harta benda dan orang yang dicintainya. Tapi ia
kini mampu bangkit dan membangun kembali usahanya yakni showroom
mobil yang sukses dikembangkan lewat sistem waralaba. Menjadi
seorang en...trepreneur harus menyimpan nyawa cadangan.
Bagitu joke yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang terlebih
dulu memilih status ini. Resiko yang dihadapi memang tidak ringan.
Kebangkrutan dan kegagalan seolah menjadi hal biasa yang bisa datang
sewaktu-waktu. Padahal, dampak yang ditimbulkan bisa sangat serius,
habis modal dan harta benda yang kita miliki. Salah satu yang
pernah mengalami kisah pahit ini adalah Olivia Antoni, pemilik
Franchise Showroom Aldo Mobilindo. Tapi ia tidak menyangka jika kegagalannya
dalam berbisnis itu harus dibayar mahal. Semua aset miliknya
tiba-tiba ludes yang menyisakan timbunan hutang. Bahkan biduk rumah
tangga yang telah dibangun selama bertahun-tahun pun akhirnya hancur.
"Rumah tangga saya hancur karena suami saya tidak bisa menerima kondisi
demikian. Kami sering bertengkar sampai akhirnya dia meninggalkan
kami," kenang Olive yang merasa cukup terpukul dengan kejadian
tersebut.. Tapi Olivia terdidik menjadi wanita tangguh.
Keberaniannya dalam menghadapi resiko bahkan melebihi kaum lelaki.
Sedari awal –meski kurang mendapat dukungan dari sang suami--, ia
punya keinginan bisa menggeluti bisnis di bidang otomotif, yakni
membuka showroom mobil. Padahal, semua mahfum bisnis ini biasanya
hanya bisa dilakukan dengan dukungan atau back up dana yang besar.
Uniknya, Olive berani bertarung hanya bermodalkan pengalaman dan data
based customer dari tempat sebelumnya. Sebagai seorang sales girl
di perusahaan otomotif Tunas Daihatsu, Cilegon prestasi yang
ditorehkan wanita kelahiran 19 Agustus 1976 selama 8 tahun bekerja
tergolong mengkilap. Ia selalu mampu membukukan angka penjualan yang
tinggi. Bahkan Olive sempat diganjar sebagai The Best Sales Penjualan
Terbanyak dan meraih bonus dari ASTRA untuk keliling dunia.
“Awalnya jika ada orang yang mau jual mobil, saya tawarkan ke customer
saya. Saya dapat uang fee. Ini berlangsung cukup lama dan ternyata
perputaran tabungan uang saya sampai Rp1-2 miliar. Itu tidak saya
duga padahal uangnya bukan dari uang saya. Tapi selisihnya menjadi
hak saya,” jelasnya. Kepiawaiannya sebagai sales inilah yang semakin
menebalkan keyakinannya bisa berhasil membuka usaha showroom mobil.
Ia kemudian menyewa sebuah tempat ukuran 4 x 5 meter yang disulap
menjadi sowroom sederhana tanpa display unit. Biar terlihat layak
saat didatangi customer, Olive terpaksa memajang mobil sendiri dan
beberapa mobil temannya. Pendek kata, ia benar-benar membuka
showroom mobil dengan modal zero! “Tahun 2005 saya buka. Sampai
suatu ketika saya dipercaya Blue Bird untuk menjual mobil bekas
taksi mereka. Walaupun ada teman-teman yang menghina showroom tanpa
modal, nggak punya duit saya nggak peduli. Toh, saya bisa julan 35
unit-40 unit per bulan. Untungnya kurang lebih 100 juta per bulan,
jelas Olive. Tenyata kepiawaiannya sebagai marketing memberi
andil besar untuk kemajuan bisnisnya. Ia lalu memutuskan membuka
cabang baru di Kota Serang. Statusnya meningkat dari seorang
‘makelar’ yang hanya menjual mobil titipan menjadi ‘bos’ yang juga
membeli mobil untuk kemudian dijual kembali. Ternyata keputusan ini
menjadi bumerang. Jika sebelumnya dengan menjual mobil titipan ia tidak
terbebani bunga, tapi kini ia harus menanggung bunga yang jumlahnya cukup
besar. “Dan keuntungan saya tersedot kesana. Tahun 2006 saya bangkrut
dan meninggalkan hutang sampai Rp 200 juta. Padahal saya hanya punya
rumah yang masih kreditan,” kenangnya. Ibu tiga anak ini baru menyadari
jika ternyata setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
“Saya mungkin bisa memasarkan tapi tidak tahu seluk beluk mobil
termasuk ke mesin-mesinnya," kata Olive. Sadar dengan kesalahan tersebut,
Olive kembali bangkit. Ia banyak melahap buku-buku bisnis dan motivasi.
Sampai akhirnya dalam sebuah seminar entrepreneur university, ia
diajarkan bagaimana caranya membangun aset. Sejak tahun 2007
Olive membangun 3 aset yang nilainya cukup besar dan di tahun 2008
ia mendapat kepercayaan dari Bank BRI dengan memperoleh kucuran
modal hingga Rp2 miliar. Modal sebesar itu, ia digunakan untuk membayar
hutang dan dipakai untuk membeli kendaraan yang ia sendiri belum
tahu produk knowledgenya. "Seharusnya pinjaman dari BRI ini saya
gunakan seluruhnya untuk modal usaha. Baru keuntungannya saya pakai
untuk mencicil hutang yang ada," tambahnya. Rupanya keputusan itu
melemparkannya ke titik nadir yang kedua. Kebangkrutan yang ia alami
di tahun 2008 kali ini lebih parah. Selain, bsinisnya mandek, orang-orang
kepercayaanya menyingkir. Bahkan sang suami yang selama ini
mendampinginya pun tidak mau menerima kondisi pahit ini. Alhasil,
Olive seperti dihempaskan ke dalam jurang yang paling dalam.
Kejadian itu alih-alih mematahkan semangat tapi justru memperbesar
keinginannya untuk bangkit. Baginya, kebangkrutan itu bukan suatu
pilihan tapi proses untuk sukses ke tahap selanjutnya. Jadi, grafik
turun naik dalam hidup buat Olive adalah hal yang biasa. ”Saya tidak
pernah memikirkan besarnya beban tapi saya memikirkan berapa besar
pemasukan yang masuk ke kantong saya. Tidak selamanya akan musim
salju terus, pasti akan ketemu dengan musim panas,” begitu ia
mengilustrasikan. Pada saat bangkrut, seseorang seharusnya keluar
dari bisnis itu untuk mencari peluang bisnis lain. Keberhasilan baru
ini diharapkan bisa mensupport bisnis yang pertamanya agar bisa
kembali berjalan. Seperti yang dilakukan Olivia, ketika tidak punya
modal untuk jual beli mobil ia memperkenalkan konsep baru yakni
membuat showroom mobil yang dijual dengan sistem waralaba.
Memperkenalkan konsep ini tidak gampang, tapi ia berusaha memberi
pemahaman yang mudah dan sederhana. Olive melihat peluang banyak
orang yang menginginkan diajarkan membuka showroom mobil tanpa
display. “Jika saya butuh waktu 8 tahun untuk bisa mendapatkan
pengalaman bagaimana merakasakan kesuksesan dan kebangkrutan
termasuk faktor-faktor penyebab kegagalan, maka mereka bisa
meguasainya cukup butuh waktu dua tahun,” jelasnya. Untuk
franchise Aldo Mobilindo, Olive mematok harga sebesar Rp45 juta
diamana franchisee akan mendapatkan berbagai fasilitas antara lain
pendampingan selama 3 tahun, free training marketing, free
konsultasi bisnis, free desain outlet dan promosi termasuk membantu
melayani pengadaan kendaraan yang dibutuhkan. Ia optimis bisnis
waralabanya bakal berkembang. Pasalnya, hanya dalam waktu 4 bulan,
ia mampu membuka 24 cabang. Bahkan pihak franchisee yang pertama
kini sudah bisa BEP pada bulan kedua. Tak hanya sampai disitu,
Olive juga mulai merambah ke bisnis Spa. “Kenapa saya bikin ini,
karena saya melihat spa kan susah ditemui dan rata-rata mahal. Tapi
dengan dibawah 100 ribu mereka bisa melakukan berbagai perawatan
disitu,” tambahnya. Usaha yang digeluti kurang dari dua bulan ini
sudah memiliki lima outlet. ‘The Family Spa’ milik Olive ini juga dikembangkan
dengan konsep waralaba. “Dengan membayar 35 juta, mitra mendapat 10
terapis yang sudah ditraining serta mendapat pendapingan hingga
bisnisnya benar-benar bisa jalan,” punkasnya seembari berpromosi.
website aldomobillindo http://www.aldomobillindo.com/ Tulisan
ini dapat di baca/lihat di http://www.majalahpengusaha.com/

4 comments:

  1. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltdd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. FINCA! INTERNASIONAL!


    Finca adalah katalis bagi penyertaan ekonomi untuk massa dan yang membutuhkan, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun untuk membantu orang miskin, FINCA memberdayakan orang untuk menciptakan bisnis mereka, dan lebih banyak orang menjalani kehidupan yang lebih sehat, memberikan pinjaman dengan tingkat bunga 2%. .

    FINCA International adalah coporation non-for-profit 501 (c) 3 yang terdaftar di negara bagian New York. untuk rincian lebih lanjut tentang FINCA, kunjungi kami di situs kami (www.finca.org) atau hubungi agen kami untuk mendapatkan pinjaman / pertanyaan (fincainternational101@gmail.com).

    ReplyDelete
  3. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  4. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk semua yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam berbicara keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban kredit memberikan kredit 4-kredit, saya Melepaskan uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya Dipanggil oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan saya dan kemudian saya memperkenalkan perusahaan ke ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan di internet, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, sehingga saya memutuskan untuk membagikan karya terbaik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya yakinkan jika Anda membutuhkan pinjaman silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. Hubungi mereka melalui email :. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman.

    ReplyDelete