Wednesday, August 29, 2012

Untung Rugi Take Over

Saya tertarik dgn ide take over, karena waktu mengambil KPR saya tidak punya Pilihan Bank krn Rumah yang akan dibeli masih menggunakan Surat Kuasa.
Namun setelah 1 tahun berjalan ada penawaran take over KPR dgn Bunga yang lebih rendah yaitu 9.9% flat (Bank saya saat ini 12.5% Floating).
Boleh di info untuk:
1.apakah untung Ruginya dari take over ini?
2.Dari mana saya harus menghitung untung dan rugi nya karena kalau di take over harus membayar biaya2 KPR lagi?
3.Katanya Bunga Flat 9.9% itu ekivalen dgn Bunga 17.8% Floating. Apakah itu artinya Bunga 9.9% flat lebih besar/rugi?
Terimaksih banyak sebelumnyaya,

Jawab:
Ibu Tari,
1. Untung takeover adalah bisa dapat bunga kecil dan dana lebih. Ruginya kebalikan untung.
2. Masukkan permohonan takeover ke banyak bank (5-10 bank) sehingga ibu akan memiliki banyak pilihan, dan ibu dapat memilih penawaran yang paling menarik. Kalau saya akan memilih bank yang dapat memberikan kelebihan uang yang paling banyak dengan bunga yang paling kecil dan jangka pinjam yang paling panjang. Kelebihan uang ini sudah dikurangi dengan biaya-biaya. Biasanya biaya asuransi jiwa akan dikembalikan, atau kalau ke-2 bank menggunakan asuransi yang sama bisa langsung dilanjutkan saja.
3. Saya memiliki hitung-hitungan dalam format excel untuk hal ini, mungkin tidak terlalu pas namun bisa dijadikan dasar perhitungan akan saya emailkan ke email ibu. Namun pada dasarnya saya berpikiran jumlah bunga yang kita bayarkan akan lebih kecil nilainya dibandingkan dari nilai kenaikan properti yang ibu miliki bila properti tersebut berada di lokasi strategis. Jadi jangan terlalu kawatir mengenai bunga ini yang penting ibu sanggup untuk membayar cicilannya.
Setelah 2-5 thn kemudian properti ibu bisa di refinance/takeover lagi jika ada kemungkinan bunga turun atau ada penawaran menarik lainnya. Dan kelebihan uang yang didapakan dari proses refinance/takeover bisa digunakan untuk membeli properti lagi atau dipakai membuka usaha. Saya juga masih terus belajar untuk hal ini.
Semoga berguna

1 comment:

  1. Hello,
    Are you looking for a loan? You need a Business Loan, Personal Loan, Housing Loan, Or are you refused a loan by a bank or a financial institution for one or more reasons? You are right here! Eva Molska loan firm we are limited to give out loans to companies and individuals at a low and affordable interest rate of 2%. Please contact us by e-mail today via evamolska12@gmail.com

    ReplyDelete