Friday, April 20, 2012

Ada TOMCAT!! Jangan Panik!!

 Pagi semua...
Pagi ini sharing sedikit diluar tema blog, tapi sekarang lagi hangat dibicarakan dimana-man.  Yupz...kita pagi ini akan mengenal lebih jauh tentang "TOMCAT  "serangga kecil yang sekarang lagi naek daun...:P. Berikut ulasannya:

Tomcat adalah sejenis kumbang sepanjang 1-3 cm, badannya kurus panjang, dengan tubuh berwarna kombinasi hitam, cokelat, cokelat kemerahan. Bernama latin Paederus littoralis , serangga ini dapat menyebabkan kulit gatal-gatal sampai melepuh, akibat cairan yang dikeluarkannya.
Yang membuat heboh adalah akhir-akhir ini banyak ditemukan orang terkena serangan tomcat. Diawali dari Surabaya, lalu ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, sampai ke sekitar Jakarta. Kemudian, masyarakat menjadi panik dan menganggap sedang ada wabah baru yang membahayakan. Benarkah demikian?
Serangga ini sebenarnya bukan spesies baru. Dari dulu, tomcat dikenal sebagai sahabat petani karena ia memusuhi wereng, hama padi. Habitatnya memang di persawahan. Masalahnya, sekarang tomcat sudah masuk ke wilayah pemukiman. Mungkin karena habitat aslinya mulai menyusut dan digantikan oleh pembangunan rumah-rumah.
Lalu, orang-orang yang asing dengan serangga ini mengusirnya dengan cara memegang langsung, menggosok, atau memecet, sehingga tomcat mengeluarkan cairan racunnya yang membuat kulit meradang dan melepuh.
Padahal jika tidak disentuh langsung, tomcat tidak menggigit atau menyengat. Jika menemui kumbang ini, cukup diusir dengan cara disapu. Yang penting, hindarkan kontak langsung! Jika tomcat terlanjur hingga di badan, coba ditiup atau disingkirkan dengan alat lain. Setelahnya cuci dengan sabun bagian tubuh yang terkena.
Karena itu, yang dibutuhkan masyarakat adalah sosialisasi seluas-luasnya mengenai penanganan serangga ini. Sementara, informasi yang membesar-besarkan bahaya tomcat rasanya kurang bermanfaat, kecuali jika ingin membuat masyarakat panik. Eh, tetapi ada lho yang berpendapat bahwa isu tomcat ini sengaja diangkat untuk mengalihkan isu lain. Hmmm…

No comments:

Post a Comment