Thursday, April 12, 2012

Profil Rumah Yang Banyak Diminati

1.Rumah dengan orientasi SELATAN-UTARA-TIMUR_BARAT (urutan dari yang paling banyak peminat sampai terendah, SELATAN adalah FAVORIT!, kalo hadap BARAT tidak disukai orang)

2. kamar tidur paling tidak 3 kamar (2 juga ngga apa, tapi ideal 3 kamar)

3. kalo bisa ada k.pembantu

4. kamar mandi utama tidak prioritas tapi ideal

5.garasi kalo ada, tapi car port tidak masalah

6.jarak FLOOR to CEILING minim 3m, semakin tinggi semakin bagus.karena rumah akan terasa lapang dan sirkulasi udara enak

7.Tetangga yang sudah berpenghuni adalah ideal, tapi kalo proyek baru biasanya belum ada tetangga (jadi kalo mau beli rumah second lebih ideal daripada beli di developer, apalagi kalo agak rusak/kusam, bisa dapet harga lebih miring dan bapak bisa renov dan cat lagi.)

8. Tampak depan nampak asri ( kalo mau cepat tersewa, bikin taman yangm murah dan asri, klo bisa tampak depan di cat baru)

9.Perabot tidak penting tapi nilai plus (ada beberapa penyewa senang yang kosong karena mereka bisa pake perabot mereka sendiri)

10.HARGA yang kompetitif. kalo tetangga dengan tipe yang sama menyewakan 20 juta. anda sewakan sama tapi kasih tambahan misal GRATIS TV KABEL BERLANGGANAN atau tanpa fasilitas tapi kasih harga lebih murah.

YANG PENTING PRINSIPNYA HARUS SEGERA DAPAT PENYEWA agar biaya bulanan dan investasi kita menguntungkan.

karena RUMUS INVESTASI RUMAH:

RUMAH = CAPITAL GAIN (kalo rumah dijual lagi di masa yang akan datang) + RENT (uang sewa per tahun)


Inget juga cerita petani sapi yang menyembelih sapinya kalo udah gemuk

Apartemen lebih high risk daripada rumah. tapi memang rate sewa yang lebih tinggi dari rumah bisa mencapai 10% sedangkan rate sewa rumah 3-5% dari HARGA PASAR.

semoga bisa menjadi pertimbangan pak. sory tidak bisa menjawab semua pertanyaan karena saya tidak menguasai apartemen di jakarta. tapi kalo bapak tanya apartemen di surabaya boleh saya bantu.....

ok..........semoga bisa menambah wawasan!

No comments:

Post a Comment