Friday, May 11, 2012

Faktor-faktor Penghambat Lakunya Rumah Yang Mo Dijual

Quote:
Originally Posted by aliasing View Post
sekalian nanya lagi ya jika TS ahli di surabaya.

keluarga saya punya 2 kos2an di daerah gubeng kertajaya dalam dekat UNAIR. kok gak laku ya... ini yg tanahnya nyewa ke pemkot itu lo...

trus saya juga ada rumah 2 lantai di darmo permai selatan dekat belakang SPBU. itu udah 2 tahunan gak laku2 dijual. padahal baru aja di renovasi.

keliatannya pasar rumah di sby sudah jenuh mungkin ya ? ( terlalu banyak suplai dan promo / janji2 surga yg terlalu banyak melebihi kenyataan... sehingga akhirnya mencapai titik puncak dan lesu )
rumah kos di gubeng kertajaya ya. banyak pekerja yang kos pastinya. ya memang sulit laku sebab tanahnya milik KMS ,jadi ngga banyak yang mau. karena kita ngga bisa memiliki tanahnya, hanya bangunan saja. kalo ngga laku-laku sementara ya dibuat kos aja dulu. siapa tahu (sambil berdoa ya) tahun-tahun ke depan ada kebijakan baru dari PEMKOT Surabaya untuk merubah semua status tanah KMS menjadi sertifikat HGB/SHM.

Trus kalo masalah rumah di darmo permai selatan (DPS) mestinya lokasi udah OK. karena berada di kawasan SURABAYA BARAT yang berkembang pesat. tapi suatu rumah bisa cepat atau lambat laku tergantung dari banyak faktor, anatara lain:
1. Harga rumah anda, apakah lebih mahal dari rumah sejenis di lingkungan anda? sebab motivasi seseorang menjual rumah hanya dapat diukur oleh 2 hal, yaitu WAKTU atau UANG. Waktu artinya penjual lebih mementingkan kecepatan terjualnya rumah miliknya , mungkin karena faktor butuh uang , mau pindah rumah, pindah luar kota atau alasan lainnya TENTU SAJA KONSEKUENSINYA adalah HARGA JUAL yang jangan dipatok lebih tinggi dari harga pasar yang ada, pasang harga sedikit di bawah harga pasar. Kalo daro segi UANG tentu kebalikannya, si penjual rumah sangat CONCERN dengan harga, dia tidak peduli waktu yang penting rumah saya laku sekian ratus juta/miliar rupiah.konsekuensi tentu waktu yang lama. karena harga yang dipasang lebih tinggi dari harga pasar untuk rumah sejenis di kawasan itu. si penjual ingin concern dengan UANG sebab mungkin dia investasi rumah sudah pada harga yang tinggi sehingga harus jual lebih tinggi lagi, atau minta untung gede tanpa menghiraukan kondisi harga sekitar, apa bisa laku.....BISA saja, karena dalam jual-beli rumah semua dimungkinkan, seperti saya jelaskan pada posting-posting sblmnya, bahwa PROPERTY adalah KASAT MATA dan RUMAH bisa berbicara sendiri kepada calon pembelinya, artinya kalo seseorang calon pembeli udah merasa cocok dengan rumah yang dilihatnya walaupun harga lebih mahal,maka dia tetap memilih itu rumah (makanya ada yang bilang RUMAH ITU JODOH-JODOHAN)

2. Selain harga, adalah masalah POSISI DAN HADAP RUMAH, hadap arah mata angin mana rumah anda , apakah SELATAN atau BARAT , sudah barang tentu kalo hadap BARAT akan lebih susah jualnya. begitu pula dengan rumah tusuk sate, rumah hook , rumah pada jalan 'cul de sac' (rumah pada jalan yang buntu). ini semua berpengaruh,jika ada pilihan yang lain maka calon pembeli akan memilih rumah lain yang tidak memiliki kelemaha diatas ini.

3.LEBAR JALAN DEPAN RUMAh (ROW), berapa row rumah anda, row diukur dari pagar rumah anda sampai pagar rumah tetangga depan anda. semakin lebar row semakin cepat laku dan harga rumah semakin mahal. row biasanya mulai 6m, 8m, 10m, 12m, 22m, 30m(jalan kembar).

4.Kondisi fisik rumah anda. jangan biarkan rumah anda kusam dan cat terkelupas serta taman yang amburadul. rapikan rumah anda terlebih dahulu sebelum menjual. maka akan meningkatkan persentase lakunya rmh tersebut.bersihkan dalam rumah secara rutin, walaupun anda tidak tinggal disitu (mungkin 2minngu sekali) supaya nampak terawat dan calon pembeli merasa feel at home.

ok mungkin ini bisa membantu.
oh ya kalo mau pasang iklan saja di forum ini siapa tau ada yang melihat dan bisa laku rumahnya.

Harap data lengkap ya,seperti misalnya:
ALAMAT
MINTA HARGA JUAL BERAPA
LUAS TANAH
LUAS BANGUNAN
DIMENSI TANAH (misal 10 x 20)
HADAP RUMAH (utara atau timur)
LISTRIK (berapa watt)
TELP (berapa line)
Jumlah Kmr.TIDUR +K.Mandi
Lantai rumah ( keramik, teraso, Granitile, MARMER (lokal/impor), GRANIT (lokal/impor)
GARASI atau CARPORT, bisa berapa mobil.
Fasilitas lain ( ac, perabot,pompa, genset, tandon atas, dll)

Daftar ceklis diatas adalah hal yang biasanya ditanyakan calon pembeli, jadi lengkapi data anda. kalo anda investor ada baiknya gunakan cek list diatas untuk mencari info data rumah yang anda incar

1 comment:

  1. thank's infonya, sangat bermanfaat.

    http://www.inforumahsurabaya.com/

    ReplyDelete